Tokopedia Logo Thumb 2010

Tokopedia Tambah Fitur Dan Uji Versi Mobile

Gebrakan Tokopedia di dunia e-commerce Indonesia sempat mengejutkan banyak pihak. Ketika baru berdiri beberapa bulan pada tahun lalu, mereka sudah memenangkan Bubu Award 2009 kategori e-commerce di mana pesaing mereka adalah incumbent yang sudah sering menang atau paling tidak setiap tahun masuk nominasi. Quartal pertama 2010 pun mereka bergerak agresif dengan membukukan 1 milliar pertama mereka pada 1 Februari 2010 dan suntikan dana dari East Ventures pada 25 Maret 2010. Hingga kini William dan Leon, Founder Tokopedia tidak menurunkan kecepatan mereka.

Hari ini Tokopedia secara resmi mengumumkan penambahan fitur baru yaitu Add-To-Event. Fitur ini memungkinkan pemilik toko di Tokopedia untuk berpartisipasi dalam event tertentu dengan memunculkan produk istimewa mereka pada tempat-tempat khusus event tersebut. Fitur tersebut saat menjelang piala dunia FIFA 2010 dapat digunakan oleh setiap toko yang ingin berpartisipasi namun di masa depan, fitur ini hanya dapat digunakan oleh toko yang telah mendapatkan status Featured Shop.

Tokopedia Umumkan Fitur Add-To-Event

Featured Shop adalah toko yang telah memiliki minimal 5 (lima) buah transaksi penjualan yang telah selesai, dan memiliki tingkat reputasi baik (ditandai dengan rating bintang diatas rataan 3 bintang).

Fitur ini juga menggunakan sistem Auto Promotion dan Auto Demotion. Untuk Auto Promotion, apabila sebuah toko baru dapat memenuhi syarat di tengah berlangsungnya event, menu Add to Event akan muncul dengan otomatis. Sementara untuk Auto Demotion, toko-toko yang gagal mempertahankan syarat standar keikusertaan pada saat event tengah berlangsung, produk-produk yang telah terdaftar di dalamnya akan hilang, termasuk akses ke menu Add to Event.

Uji Tokopedia Mobile

Pada hari yang sama meski tidak secara resmi, Leon, salah satu founder Tokopedia melalui akun Twitter dan Facebooknya mengumumkan bahwa mereka sedang menguji Tokopedia versi mobile. Ini menarik karena sejauh penelusuran saya, baru dua website e-commerce lokal lain berkonsep serupa yang menyediakan layanan mobile ini yaitu DinoMarket dan TokoBagus padahal semakin banyak pengakses internet Indonesia dilakukan melalui perangkat mobile.

Saya juga mengucapkan selamat berjuang untuk Leon dan William Tokopedia yang menjadi salah satu exhibitor Indonesia di Echelon 2010 di Singapore minggu depan.