Urbanesia Diakuisisi East Ventures?

Pagi ini ada berita mengejutkan muncul di kalangan pemerhati start-up lokal ketika Kompas.com mengabarkan Urbanesia telah diakuisisi oleh investor East Ventures – perusahaan investasi yang berfokus di bidang investasi tahap awal perusahaan-perusahaan startup Internet yang berpusat di Singapura. Benarkah?

Selina Limman, CEO & Managing Director Urbanesia.com di tengah kesibukannya tampil di Echelon 2010 yang dimulai hari ini di Singapore menyempatkan diri untuk memberikan keterangan resmi di blog Urbanesia mengenai rumor terkait. East Ventures tidak sepenuhnya mengakuisisi Urbanesia melainkan hanya menlakukan investasi berupa penanaman modal dan bantuan tutor dalam menjalankan langkah-langkah awal menuju perkembangan yang lebih baik untuk meningkatkan kesuksesan Urbanesia. Sebagai gantinya Urbanesia memberikan sebagian kecil kepemilikan saham kepada East Ventures.

East Ventures merupakan perusahaan investasi yang berfokus di bidang investasi tahap awal perusahaan-perusahaan startup Internet. Berbasis di Singapura, East Ventures didirikan oleh 4 kolega yang berlatar belakang berbeda namun saling melengkapi yakni Batara Eto, mantan CEO dan co-founder dari Mixi.jp; Taiga Matsuyama, investor asal Jepang; Wilson Cuaca, founder Xsago; dan Chandra Tjan.

Urbanesia Screen Shot

Sebelumnya, pada Maret 2010, East Ventures telah membeli sebagian saham dari Tokopedia namun tidak mengumumkan nilainya. Saya pernah bertanya kepada salah satu founder Tokopedia melalui Twitternya dan ia menjawab bahwa nilainya sengaja tidak dipulikasikan namun yang pasti nilainya lebih kecil dari nilai suntikan dana Telkom ke Plasa.com yang ketika itu dipublikasikan dengan nilai sekitar US$ 2jt Pembelian saham East Ventures di Urbanesia kali ini pun tidak diumumkan nilainya.

Usaha Urbanesia dalam mengembangkan diri sudah dirasakan sejak mereka menjalin kerjasama dengan Koprol, dimana lokasi-lokasi di Urbanesia mengambil feed stream dari pengguna Koprol yang berada di lokasi tertentu. Kerjasama ini tentunya cukup menguntungkan bagi kedua belah pihak yang bekerja sejalan namun tidak memperebutkan pasar yang sama.

Urbanesia sendiri merupakan sebuah web portal yang menyajikan informasi mengenai gaya hidup dan tempat-tempat bisnis yang ada di Jakarta. Pengguna Urbanesia juga dapat berperan aktif dalam berbagi informasi, seperti rekomendasi tempat-tempat menarik dan info event eksklusif yang akan diadakan di Jakarta dalam waktu dekat. Dengan begitu, Urbanesia menjadi sebuah web portal yang mendekatkan para pelaku bisnis dengan pihak konsumer, dengan cara yang menyenangkan.

Kekurangakuratan Kompas.com dalam menyimpulkan berita ini, hingga tulisan ini diturunkan belum direvisi. Berita mengenai akuisisi dari pihak-pihak luar memang sedang menjadi santapan hangat, ditambah oleh pengakuisisian yang dilakukan Yahoo! terhadap Koprol, yang merupakan rekan kerjasama Urbanesia.